Monday 28 November 2016

[TV-SERIES] 斉木楠雄のΨ難 - Saiki Kusuo no Psi-nan


Morning, everyone~
yoyo32

Kembali lagi ke resensi anime yang belakangan ini lagi hit banget aku ikutin.
Berawal dari suatu hari yang cerah, dengan muka blank browsing judul anime yang sekiranya seru, di tengah sekumpulan anime ngaco full of fanservice yang bikin mata gue kebakar...
Di tengah anime-anime gajelas macam gituan, dan dari iseng-iseng berhadiah nonton episode 1 nya ini anime,

I'm completely, irretrievably hooked.
yoyo51

Kalo boleh bilang, sebenernya anime ini juga bukan tipe anime yang bikin deg-degan penasaran berkat cliff hanger di tiap episodenya, bukan juga anime petualangan semacam One Piece, Bleach atau Naruto. Agak beda juga sama anime macam Gintama atau Sket Dance, walau ada juga kesamaan terutama tentang tema "daily life" nya si tokoh utama. Mungkin kalau Gintama sama Sket Dance itu tentang keseharian satu kelompok absurd tertentu, anime ini menceritakan kisah sedih hidupnya Saiki Kusuo.

Agak melenceng dikit dari alur cerita nih, nama Saiki Kusuo itu sendiri merupakan plesetan dari kata "Saikiku" ; yang mana merupakan Japanese pronunciation dari kata bahasa Inggris "Psychic".

T : Kenapa harus diplesetin jadi "Psychic"?
J  : Karena si Saiki Kusuo ini, adalah orang yang punya kemampuan sepesial nggak pake telor, alias paratidaknormal, alias cenayang, alias dukun, orang pintar minum tolak angin, dan segala macam istilah sejenisnya.

Intinya, Saiki Kusuo ini adalah orang yang punya kekuatan nggak wajar semacam mind reading - kemampuan baca pikiran ; teleportasi, invisibility, hypnosis, dan segala macam kekuatan super lainnya.
... Mungkin dia bakalan menang dari Saitama (One Punch Man) kalau seandainya mereka berdua ditaro di ruangan yang terbuat dari bedrock dan disuruh berantem kalo mau keluar...
Bau-baunya sih Saiki yang bakal menang, nampaknya... Sepertinya..
yoyo125

In any case, anime ini menceritakan kehidupan sehari-hari si tokoh utama, Saiki Kusuo.
Di kehidupannya, dia ketemu dengan banyak orang, punya banyak teman (walau enggan), dan bahkan ditaksir sama primadona sekolahnya, Teruhashi Kokomi. Salah satu teman dekatnya, Nendou Riki adalah satu dari sekian banyak kelemahan Saiki gara-gara Nendou adalah satu-satunya manusia yang nggak bisa kebaca pikirannya, he could always sneak up on Saiki and kill him or something.
Sedikit nggak mungkin sih, sebenernya, karena di cerita ini Nendou keliatan mengidolakan Saiki banget dan alesan kenapa Saiki nggak bisa baca pikiran Nendou, adalah karena he's too stupid and didn't even bother to think at all.

Left to right : Kaidou Shun, Saiki Kusuo, Nendou Riki
Selain Nendou, ada satu lagi orang yang keliatan seliweran di deket Saiki. Cowok berambut putih yang punya ciri khas perban warna merah di dua tangannya ini bernama Kaidou Shun, and guess what? He's nowhere near normal either. Cowok yang keliatan paling ganteng - selain Saiki - ini mengidap penyakit parah yang namanya Chuunibyou.

Urban dictionary translation : 
ChuunibyouA Japanese slang term which roughly translates to "Middle School 2nd Year Syndrome". People with chuunibyou either act like a know-it-all adult and look down on real ones, or believe they have special powers unlike others.

Kaidou Shun ini, percaya kalo dia itu salah satu penyelamat bumi dengan alias "Jet Black Wings - Shikkoku no Tsubasa" yang melindungi bumi dari organisasi jahat "Dark Reunion".

... Mungkin kalo Kurosaki Ichigo ada di dunia nyata, bisa jadi dia terdiagnosis penyakit Chuunibyou juga...
yoyo166

Pairing yang aku suka banget disini pastinya adalah Saiki x Teruhashi, walau Saiki niat banget ngejauhin Teruhashi gara-gara cewe itu menarik perhatian orang sekitar berkat kecantikannya. Makanya, Yumehara Chiyo jadi opsi dendam pertama ketika tau kalo tu cewe ngincer Saiki juga. Syukurlah, belakangan ini si Yumehara mengalihkan perhatiannya ke Kaidou Shun (dan semoga tetap seperti itu hingga tamat seriesnya).

Eniwei, karena sebenernya poin utama dari anime ini adalah kisah keseharian Saiki yang jauh dari kata average, anime ini benar-benar menghibur dengan komedi dan kisah nyantai nya.
Satu episode pun cuma sekitar 5 menitan, walau di Kissanime ada juga versi streaming bundlingan yang 5 episode, tapi cuma muncul sekali seminggu (biasanya di hari Minggu) setelah episode hariannya selesai diupload.

Entah kenapa belakangan uploadnya agak lambat nih, padahal harusnya anime ini update tiap hari..
yoyo96

Anime ini sendiri dijadwalin bakal tamat di episode 120, yang mana sekarang baru menginjak episode 100.
Buat para agan-agan yang pada berminat ngintip kehidupan sehari-harinya Saiki yang asem manis, klik aja disini.

Overall Points :
Characters : 8/10
Story : 9/10
Animation : 8/10

Sekian dulu reviewnya, see you in my next post~
cici01

1 comment: